Jangan Abaikan Mata Panda Menurut Artikel CNN Indonesia Bisa Jadi itu Merupakan Tanda-Tanda 5 Penyakit ini !

Jangan Abaikan Mata Panda Menurut Artikel CNN Indonesia Bisa Jadi itu Merupakan Tanda-Tanda 5 Penyakit ini
Sumber klikdokter.com

Kebanyakan orang, bahkan mungkin anda sering menganggap bahwa lingkaran berwarna hitam yang terdapat pada area mata hanya disebabkan oleh kurangnya waktu tidur, lelah beraktivitas atau akibat dari terlalu lama menggunakan gadget seperti handphone dan komputer.

Padahal, timbulnya lingkaran berwarna hitam ini bisa merupakan bentuk komunikasi dari tubuh kepada kita mengenai gejala adanya penyakit tertentu yang harus anda ketahui.

Para ahli dan berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkaran berwarna hitam di sekitar mata adalah salah satu gejala adanya penyakit seperti anemia, hati dan tanda dehidrasi. Dokter mata dari klinik mata Moolchand mencoba menjabarkan hubungan di antara hal tersebut.

Dikutip dari Health Me Up, bahwa setiap orang mempunyai pembuluh darah kecil yang terletak di bawah kulit sekitar mata. Pembuluh darah ini sangat halus sehingga sel-sel darah merah mengantre untuk melewatinya.

Baca Juga: 

Dream.co.id Berbagi Informasi Mengatasi Kantung Mata dengan 5 Bahan Alami di Jamin Ampuh

Langsung dari Dokter OZ Indonesia Cara Hilangkan Kantung Mata dengan Sendok

Tetapi, dalam prosesnya sel darah merah meresap pada daerah sekitarnya. Tubuh menimbulkan reaksi terhadap ini dengan cara memproduksi enzim yang berfungsi untuk membersihkan darah yang berada di daerah yang bukan seharusnya.

Penguraian sel darah merah oleh enzim inilah yang meninggalkan bekas hitam dan biru pada kulit. Kenapa dampaknya hanya tampak jelas pada area kulit mata ? Karena kulit di sekitar mata adalah kulit yang paling tipis.

Berikut ini uraian mengenai tanda-tanda penyakit yang salah satunya dapat diketahui melalui gejala mata panda

1. Pertanda anemia

Zat besi dengann jumlah yang sedikit bahkan kurang dari kebutuhan tubuh merupakan salah satu penyebab yang paling umum dari timbulnya mata panda. Kadar zat besi yang rendah juga merupakan penyebab paling umum dari gejala anemia. Untuk itu, anda bisa mengatasi ini dengan cara melakukan diet seimbang dengan mengkonsumsi makanan seperti sayuran, susu dan buah-buahan untuk menjaga tubuh anda tetap sehat.

2. Dehidrasi

Alasan lain timbulnya mata panda adalah dehidrasi, Dehidrasi terjadi akibat dari kurangnya jumlah cairan di dalam tubuh, gejala dehidrasi sering terlihat pada daerah tertentu pada tubuh, salah satunya pada kulit sekitar mata. Untuk itu anda bisa meningkatkan jumlah konumsi air putih untuk mengatasinya minimal 8-10 gelas dalam sehari barengi juga dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan.

Selain itu sangat disarankan untuk membatasi konsumsi minuman berkafein seperti teh, kopi, alkohol dan minuman berkafein lainnya karena walaupun bentuknya cairan tapi minuman-minuman tersebut justru malah memperparah dehidrasi.

3. Gejala adanya penyakit hati

Lingkaran hitam juga menunjukkan disfungsi hati karena berbagai penyakit hati. Salah satu contoh dari penyakit hati adalah hepatitis.

4. Kekurangan gizi

Lingkaran gelap di sekitar mata dapat disebabkan oleh gizi buruk. Diet sehat dan bergizi dengan mengonsumsi vitamin seperti A, C, K, E dan nutrisi dapat membantu untuk menyingkirkan lingkaran hitam.

Baca Juga:

Cara Unik Menghilangkan Mata Panda Dengan Menggunakan es batu

Madu Memang Punya Segudang Manfaat, Kali ini Untuk Atasi Mata Panda

5. Alergi

Tindakan menggosok atau menggaruk kulit di sekitar mata juga bisa menjadi penyebab timbulnya mata panda. Ini diakibatkan oleh alergi atau iritasi kulit sekitar mata. Selain itu, beberapa alergi makanan juga dapat menyebabkan daerah bawah mata terlihat lebih gelap. Bahkan, lingkaran hitam pada anak-anak sering menunjukkan masalah alergi.

Nah itu dia 5 bahaya dari mata panda yang harus anda ketahui, setelah mengetahui penyebabnya sebaiknya segera mengatasinya. Karena mata panda bukan hanya membuat penampilan anda tidak maksimal tapi bisa jadi itu merupakan cara tubuh mengkomunikasikan keadaan tak wajah yang terjadi di dalam tubuh dan ia ingin anda mengetahuinya.

Semoga bermanfaat.

 

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150413125020-255-46220/hati-hati-mata-panda-ternyata-tanda-adanya-penyakit