Benarkah Jeruk Nipis Dan Garam Bisa Menghilangkan Jerawat ?

CARA mengatasi jerawat dnegan jeruk nipis dan garam
CARA mengatasi jerawat dengan jeruk nipis dan garam
Gambar: Cara mengatasi jerawat dengan jeruk nipis dan garam

Jeruk nipis sudah tak asing lagi dalam dunia kecantikan, kebanyakan wanita menggunakan jeruk nipis ini sebagai bahan alami untuk membuat kulit wajah tampak lebih cerah, mencegah penuaan dini, menjaga kesehatan kulit, mengatasi flek hitam di wajah dan untuk mengatasi masalah jerawat.

Setidaknya kamu sudah tau kan manfaat jeruk nipis ini ?

Bahan-bahan yang mudah didapat seperti garam dan jruk nipis mungkin menjadi salah satu faktor kamu mamilihnya sebagai alternatif untuk mengatasi masalah jerawat. Kandungan vitamin c yang terdapat pada jeruk nipis dan sifat garam yang mampu membunuh bakteri. Menjadikan kedua bahan ini  dipercaya bisa mengatasi masalah jerawat.

Tapi benarkah demikian ?

Ternyata bisa iya bisa juga tidak….

Jeruk nipis dan garam, kedua bahan ini bisa mengatasi jerawat jika dilakukan dengan cara benar, tapi justru bisa menimbulkan permasalahan baru yang lebih kompleks jika tidak dilakukan dengan cara yang benar.

Sebenarnya, pengobatan jerawat dengan cara alami itu aman atau tidak sih ?

Nah, menurut situs alodokter.com pada laman diskusinya, menurutnya pengobatan dengan menggunakan cara alami seperti jeruk nipis dan garam untuk mengatasi masalah jerawat. Memang tidak memiliki efek samping yang berbahaya.

Jadi sebetulnya penggunaan kedua bahan ini aman-aman saja jika dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai dengan fungsinya.

Selain itu juga, kamu harus tau dulu jenis jerawat apa yang sedang kamu alami, dan kulitmu termasuk ke dalam kulit jenis apa. Karena beda permasalahan tentunya beda pula cara untuk mengatasinya.

Dalam dunia pengobatan tidak ada obat yang cocok untuk semua jenis penyakit. Kamu pasti sudah tau ini kan . Nah oleh karena itu penting banget untuk kamu mengetahui dulu jenis jerawat apa dan kulit kamu termasuk ke dalam jenis kulit yang mana. Sebelum menggunakan jeruk nipis dan garam untuk mengatasinya.

Kenapa banyak orang yang meyakini bahwa jeruk nipis dan garam bisa mengatasi masalah jerawat ?

Itu bisa terjadi karena, pertama , orang tersebut melakukan dengan cara yang benar, sehingga pengobatan bisa memiliki hasil yang optimal. Kedua diyakini karena orang tersebut sudah mengetahui jenis dan kulit yang dimiliki sehingga dengan menggunakan jeruk nipis dan garam bisa membantunya dalam mengatasi jerawat.

Seperti apa cara yang salah dalam menggunakan jeruk nipis dan garam untuk atasi jerawat ?

Pertama yang paling sering terjadi, menggunakan jeruk nipis dan garam untuk wajah tanpa mencuci wajah terlebih dahulu. Ini yang seringkali terjadi, Kedua, menggunakan jeruk nipis dan garam secara berlebihan, bukannya mengobati justru malah bikin tambah parah jika jeruk nipis dan garam digunakan dalam waktu lama dan berlebihan.

Ketiga, pada saat muncul reaksi dari wajah terhadap jeruk nipis dan garam (baca:iritasi), pemakai tidak menghentikan pemakaian. ini juga sangat fatal.

cara benar atasi jerawat dengan jeruk nipis dan garam
Gambar: Cara benar atasi jerawat dengan jeruk nipis dan garam

Cara yang benar adalah…

1. Pastikan kamu membasuh kulit wajah dengan bersih sebelum melakukan perawatan dengan jeruk nipis dan garam. Pastikan juga kamu mencuci wajah dengan air hangat bila perlu. Air hangat atau air matang sudah steril dari kuman dan bakteri sehingga bisa mengurangi jumlah bakteri pada wajah.

2. Kemudian, keringkan wajah dengan handuk halus hingga kering dan lembab, selanjutnya cuci jeruk nipis dengan air matang hingga bersih.

3. Potong menjadi dua jeruk buah jeruk nipis dengan menggunakan pisau, pastikan pisau bersih dari kotoran terutama kuman dan bakteri kamu bisa mencucinya terlebih dahulu.

4. Peras irisan jeruk nipis ke dalam wadah, kemudian taburkan garam secukupnya, jangan terlalu banyak.

5. Ambil kapas kosmetik yang bersih lalu gunakan mengoleskan campuran jeruk dan garam tadi ke area wajah.

Ini yang harus kamu perhatikan dalam mengatasi jerawat dengan jeruk nipis dan garam, karena kebanyakn orang yang ingin hasilnya instant cenderung membiarkan campuran jeruk nipis dan garam terlalu lama berada di kulit wajah.

6. Jangan biarkan campuran jeruk nipis dan garam tadi terlalu lama berada di kulit wajah kamu, gunakan paling lama 30 menit dan jangan sampai melebihi 60 menit ini justru kurang baik.

7. Jangan terlalu sering menggunakan masker jeruk nipis dan garam, gunakan maksimal 1-2 kali dalam satu minggu dengan durasi 30 menit.

8. Bilas dengan air matang hingga bersih, lalu keringkan wajah dengan handuk

9. Hentikan pemakian jika terjadi iritasi pada kulit, seperti terasa gatal, panas dan kulit memerah

10. Konsultasikan kepada dokter kulit. Jika kamu merasa terjadi efek samping karena pemakaian jeruk nipis dan garam, segeralah pergi dan konsultasikan ke ahlinya.

Jangan lupa juga, setelah melakukan perawatan dengan jeruk nipis dan garam tadi, kamu juga harus melakukan hal-hal lainnya yang bisa mendukung proses penyembuhan masalah jerawat kamu.

1. Konsumsi air putih yang cukup minimalnya 8 gelas dalam sehari, selain baik untuk kelembaban dan kesehatan kulit, air putih juga baik untuk tubuh.

2. Hindari penyebab timbulnya jerawat, seperti makanan berminyak dan berlemak, polusi dan jaga kebersihan kulit wajah.

3. Hindari asap rokok.

Kesimpulan, Pengobatan secara alami akan memberikan hasil maksimal jika dilakuakn dengan cara yang benar dan jumlah yang pas.

Itu dia cara mengatasi jerawat dengan jeruk nipis dan garam, semoga bermanfaat dan salam cantik.

Sumber tulisan: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/kecantikan-6