CARA ALAMI MENGATASI KULIT KETIAK HITAM DENGAN PASTA GIGI

mengatasi kulit ketiak hitam dengan pasta gigi odol
Edit oleh padasukaa.com

Pasta gigi atau biasa kita sebut dengan odol, ternyata selain untuk membersihkan gigi, pasta gigi juga bisa digunakan untuk mengatasi kuliit ketiak yang gelap. Meskipun ketiak ini tertutup dan jarang tampil, tapi apa kalau warnanya gelap pasti bikin kamu tidak nyaman.

Salah satu penyebab kulit ketiak hitam adalah jamur, ya jamur ini timbul akibat dari kurangnya menjaga kebersihan area ketiak, keadaan kotor pada area ketiak bisa menjadi faktor predisposisi terbentuknya jamur.

Pada saat ketiak berkeringat rasa gatal akan muncul pada area kulit ketiak, jika terus dibiarkan maka warna gelap pada kulit ketiak akan terus bertambah dan menyebar luas. Tentu saja hal ini tidak ingin terjadi pada ketiak kamu kan, nah tapi untuk mengatasi kulit ketiak hitam kamu harus tau dulu apa penyebabnya. Baru kemudian bisa mencegahnya.

Lalu bagaimana jika ketiak anda sudah terlanjur berwarna hitam ? Tenang anda bisa menggunakan cara-cara sederhana untuk mengembalikan kecerahan kulit ketiak anda. Bisa anda baca pada artikel sebelumnya.

Nah pada artikel kali ini kita akan bahas bagaimana cara memutihkan kulit ketiak yang hitam dengan menggunakan pasta gigi.

Kenapa pasta gigi ?

Karena, pada pasta gigi terdapat kandungan fluoride, yang biasanya berfungsi untuk memutihkan gigi, namun bisa juga kita gunakan untuk memutihkan kulit ketiak.

pasta gigi untuk putihkan kulit ketiak
Gambar di edit oleh padasukaa.com

Caranya juga sangat mudah, yaitu:

  • Tuangkan pasta gigi secukupnya (bukan pasta gigi yang herbal ya)
  • Lalu oleskan pasta gigi tadi secara perlahan dan merata pada kulit ketiak kamu.
  • Kemudian, agar lebih menyerap dan merata lanjutkan dengan menggosok menggunakan telapak tangan
  • Gosok selam 5 menit
  • Diamkan pasta gigi pada kulit ketiak kamu selama kurang lebih 15 menit
  • Kemudian bilas dengan air bersih sampai benar-benar bersih
  • Lakukan 2 kali sehari secara secara rutin untuk hasil maksimal.

Caranya sangat mudah ya, tapi mungkin kamu bertanya apakah memutihkan kulit ketiak hitam dengan pasta gigi ini aman ?

Nah menurut situs vamilina.com bahwa pasta gigi tidak baik untuk kulit, karena bisa menimbulkan dampak kering dan justru membuat efek terbakar pada kulit ketiak sehingga menjadikannya tambah gelap dan hitam bahkan secara permanen.

Tapi sebelum itu mari kita gali dulu kandungan yanga da pada pasta gigi dan fungsinya

1. Fluoride

Fluoride adalah suatu senyawa yang terdapat didalam pasta gigi. Senyawa ini memiliki fungsi untuk menjadikan gigi lebih kuat.

2. Zat Antibakteri

Triclosan adalah zat anti bakteri yang terkandung pada pasta gigi, triclosan yang bisa dikenal dengan clorida ini memiliki kegunaan untuk mencegah radang pada gusi, bau mulut dan tatar pada gigi.

3. Zat Abrasive

Zat yang berfungsi untuk menghilangkan plak yang terdapat pada gigi, mencegah gigi berlubang dan bisa untuk meminimalisir penyakit periodental.

Zat abrasive ini terdiri dari kalsium Karbonat (CaCO3), Aluminium Hidroksida (Al (OH) 3). zeoloit, hidroksiapatit (CA5 (PO4) 3OH).

4. Tetrasodium Pirofosfat

Zat ini merupakan bahan khusus yang bisa mencegah pengendapanmu magnesium dan kalsium pada gigi. Bahan ini bisa mencegah timbulnya plak pada gigi

5. Surfectan

SLS atau Sodium Lauryl Sulfat adalah bahan detergen yang ditambahkan pada komponen pembuatan pasta gigi.

Bahan SLS ini berfungsi untuk menjadikan gigi tampak lebih putih, mencegah noda bekas makanan menempel pada gigi yang mengakibatkan warna gigi berubah.

Detergen ini memiliki sifat pembersih kotoran yang terdapat pada gigi dari sisa-sisa makanan, dan detergen inilah yang mengakibatkan terbentuknya busa pada saat kita menggosok gigi.

Sedangkan terlalu sering sikat gigi juga tidak dianjurkan. Jika tertelan terlalu banyak maka akan menimbulkan iritasi pada pencernaan.

Artikel yang berhubungan:

6. Natrium Karbonat (Baking Soda)

Pasta gigi juga mengandung baking soda, untuk memberikan rasa pada mulut saat menggosok gigi dan juga PH (Keasaman) pada mulut.

Natrium Karbonat ini bekerja dengan asam melepaskan karon dioksida (CO2) dan menambah busa yang dihasilkan saat menyikat gigi.

Baking soda dapat mengurangi jumlah asam bakteri dalam mulut yang tertinggal.

7. Hidrogen peroksida

Bahan ini membuat gigi lebih putih, dan mempunyai zat khusus untuk memutihkan gigi dan bisa menghancurkan bakteri.

Selain zat diatas pasta gigi mempunyai kandungan gula, alkohol, seperti gliserol, sorbitol, xytol, polietilenaglikol.

Strontium klorida atau kalium yang berguna mengurangi sensitif pada gigi.

Itu dia beberapa komponen yang terdapat pada pasta gigi. Lalu kandungan mana yang bisa dimanfaatkan dari pasta gigi untuk memutihkan kulit ketiak ? Berikut ini ulasannya..

1. Natrium Karbonat (Baking Soda)

Ya baking soda yang terdapat pada pasta gigi bisa digunakan untuk mengurangi bakteri pada kulit ketiak, akibat dari keringat dan kebiasaan kurang menjaga kebersihan.

2. Mineral yang terapat fluoride dan fluoride juga terdapat pada pasta gigi

Mineral ini berfungsi menjadikan gigi lebih kuat, mineral juga baik untuk kulit ketiak.

Itu dia kandungan yang terdapat pada pasta gigi yang bisa digunakan untuk memutihkan kulit ketiak yang hitam. Jadi sebelum memutuskan untuk mencoba metode ini pastika kedua kandungan diatas terdapat pada pasta gigi, bisa di cek dahulu pada kemasannya. Karena pasta gigi biasanya memiliki komposisi yang berbeda-beda tergantung dari peruntukkannya.

Efek samping dari metode memutihkan kulit ketiak yang hitam dengan menggunakan pasta gigi adalah menjadikan kulit terasa kering.

memutihkan kulit ketiak dengan odol pasta gigi dampak
Sumber lifestyle.okezone.com

Nah untuk mengatasinya, bisa di oleskan dengan pelembab, menggunakan madu juga bisa tapi yang asli, selain itu bisa juga dilembabkan dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa. Minyak zaitun ini memiliki kandungan vitamin E yang baik bagi pertumbuhan sel kulit baru. Karena penyebab kulit ketiak menjadi hitam salah satunya adalah banyaknya sel kulit mati yang belum tergantkan oleh sel kulit yang baru.

Kesimpulannya….

Memutihkan kulit ketiak yang hitam dengan menggunakan pasta gigi, Aman. Apabila tidak dilakukan secara berlebihan (jangankan ini, menggosok gigi terlalu sering juga tidak baik), Jadi lakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

Lalu lihat efeknya, apakah memberikan hasil seperti yang diharapkan atau tidak. Karena jenis kulit masing-maisng orang berbeda-beda dan ada banyak faktor yang menjadikannya berbeda. Bisa saja kamu cocok dengan cara ini tapi teman kamu malah mengalami iritasi hebat.

Jadi apa salahnya mencoba. Tapi jika kamu ragu kamu bisa mengkonsultasikan ini pada ahli ilmu kecantikan, atau dokter kulit sekalian untuk menanyakan prihal aman dan tidaknya.

Yang jelas, segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan akan tidak baik.

Demikian artikel mengenai cara memutihkan kulit ketiak hitam menggunakan pasta gigi atau odol, semoga bermanfaat.

Sumber refferensi : vamilina.com dan nfo-kecantikan.com.